Berikut ini beberapa fungsi lead time untuk performa bisnis Anda:
- Memperkirakan estimasi permintaan. Anda akan lebih mudah memperkirakan permintaan langsung dari pasar dan memperkirakan kebutuhan produk secara terencana. Jadi, Anda bisa menentukan berapa jumlah produk yang harus di restok untuk memenuhi pesanan pelanggan.
- Manajemen pesanan lebih teratur. Anda dapat mengelola keluar masuknya inventaris Anda di gudang dengan mudah dan terencana agar pengiriman sampai tepat waktu dan restok di waktu yang tepat pula.
- Koordinasi lebih baik dengan supplier. Terkait penyediaan barang yang Anda butuhkan sehingga dapat memastikan dengan lebih jelas perihal waktu pengiriman, jumlah produk, kebijakan retur, dll demi memenuhi permintaan pelanggan.
- Meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan. etika waktu tunggu lebih pendek, artinya pelanggan Anda menerima pesanan mereka tepat waktu. Karenanya, pelanggan lebih cenderung untuk kembali membeli produk Anda dan menilai bahwa bisnis Anda memiliki pelayanan serta pengiriman yang cepat.
- Meningkatkan supply-chain. Bayangkan saja jika pemenuhan pesanan bisnis Anda sering terlambat, maka pelanggan pun akan malas repeat order di toko Anda. Akibatnya, jumlah persediaan di gudang menumpuk akibat banyak yang tidak laku. Beda halnya jika waktu tunggu Anda rendah, maka operasi rantai pasokan akan lebih optimal alias keluar masuknya barang lebih cepat dan tidak menimbulkan penumpukan persediaan.